R15 VVA atau CBR150R atau GSX-R150 ??? Tergantung perlunya buat apa?

HElloooo
kembali lagi di ane.
Ga ada habisnya ngebahas motor sport fairing kelas 150CC.
Yamaha dengan R15 VVA terbaru nya.
foto nyomot dari iwanbanaran.com

dan Suzuki juga baru aja ngeluarin fairing 150 nya selain All New Satria FU Injeksinya

dan CBR150R nya yang udah "peslip"


Perbedaanya dari semunya tentu dari mesin, torsi, power, dan rangka body tntunya.

dimana disini All New Yamaha R15 VVA udah jelas pake mesin baru dan teknologi tambahan diadopsi dari mesin NMAX, VVA. agar torsi nya rata dari rpm bawah hingga atas. dan naik 5cc sehingga kubikasi menjadi 155cc (bukan 150cc(149/147cc)) dan masih SOHC 4 Katup top speed kalo ga salah baca dapet 140kpj katanya ane belum liat jelasnya nnti kalo udah hands on bisa tak review nanti. Seater belakang nya sedikit diturunin ga kaya generasi awal, :3 ampir mirip ama seater nya CBR150R Thailand dlu :3. Dan kebetulan ketemu dan berbincang sama marketingnya, dan katanya soal handling paling nurut hehe.

Mengenai VVA nya R15 bisa baca di sini




Beralih ke Suzuki, GSX-R150 udah pake mesin mirip eSeF Injeksi, DOHC 4 Katup dan basisnya Overbore, stabil di rpm tinggi dan tenaganya oke namun putaran bawah sedikit loyo karena mesin nya main di rpm atas doang. Ane liat sih ada yg dapet 144-146kpj tembus pake ni GSX :3 dan katanya sih masih belum nyampe redline. Bener bener sporty lampu ala kelas GSX. Pernah nyoba sekali, coba geber di Gear 4 Masih kuat, wkwkwk. lupa sampe kpj berapa. enak nih buat nyepeed.



Beralih ke CBR150R yang sudah facelift, perbedaan menonjol itu dibagian headlamp depan sama seater belakang serta body samping dan knalpot. dimana desainnya sedikit ramping, split seater ala racy (mirip ersatulima generasi awal), dan lampu dual keen eyes nya yang udah LED nan sipit. menjadikan mu ala racer terkeren, mengenai mesin, gajauh beda sama CBR150R sebelumnya.



Kalo Kawasaki sih belum ada liat nih motosport fairing 4 tak dengan silinder 150cc nih, adanya juga KLX150 atau Ninja 150 yang masih 2-tak, yang 4-tak itupun yg satu silinder tapi bengkak, 250CC.

Bicara teknologi, disini cuma yamaha yang masih berkutat di mesin Single Over Head Camshaft tapi menggunakan 4 katup ditambah dengan VVA (nanti dibahas di artikel berikutnya). Sedangkan GSX atau CBR udah pake Double Over Head Camshaft, stabil dan tidak terlalu berisik dan enak untuk RPM tinggi, but SOHC+VVA nya Yamaha, juga msh sanggup diadu sama DOHC loh, cuma balik lagi sama kebutuhan konsumen maunya kemana, karena tiap motor yang di rilis pasti punya tujuan tersendiri.

Mengenai power, ane ga terlalu komentar, karena power gede belum tentu speed on track nya bagus, dan power nya dibawah yang oke, juga ga tentu speed on track nya lemot, ada beberapa hal seperti rasio gear, torsi, bobot motor, dan aerodinamika, serta berat ridernya sendiri, oiya ban dan suspensi juga ngaruh loh (yang biasa cornering).

Monggo kalo ada yang berpendapat bisa berkomentar hoho


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pertamax Turbo di New Vixion Lightning, Kenchank brow..

[TUTORIAL] Cara Root dan pasang TWRP Smartfren Andromax R untuk base 5.0.2 (Work)