Review Pertamax Turbo di New Vixion Lightning, Kenchank brow..
Assalammualaikum wr wb,
Jumpa lagi bersama saya Tidier. Penunggang kuda besi tua Vixion generasi ke 3 atau NVL yang biasa orang manggil. Kali ini bakal ngebahas mengenai bahan bakar yang cukup populer di kelas motorsport 250cc keatas.
Beroktan 98 atau RON 98 menjadikan bahan bakar ini baik digunakan di motor berkubikasi tinggi atau kompresi tinggi juga. Selain itu memberikan efek ke mesin yg lebih baik juga tentunya. Getaran minim, tenaga keluar torsi nya ga bisa ditahan (yaela wkwkwk).
But, kali ini autohor mencoba nya di mocil yaitu New Vixion Lightnig.
What?????? NVL? Motor SOHC?
Jangan salah dulu, mari kita pahami tentang mesin si Vixi ini dulu.
Vixion kan mesinnya 150cc pendingin cairan SOHC 4 katup satu silinder. Tenaga nya lumayan untuk harian kalo dibanding sama V3 nya R15 sih lumayan bedanya. Namun masih worth it dan ane juga ad rencana mo bore up ringan aja hehehe (bakal ada di ketikan yang lain).
Vixion itu mesinnya hampir square, kompresinya 10,4 : 1 minimal ya pertamax bagi ane, namun tetap aja kaum +62 banyak bilang kalo (eh saya premium oke aja, eh saya pertalite tarikannya enak klo pake pertamax ndut ndutan) ya ga salah tp g benar juga. Semua kalo sudah ada spesifikasi dan pemahaman lebih lanjut bakal ngerti dampak nya kok, tapi motor motor siapa ya situ jg yg nanggung wkwk.
Kompresi NVL 10,4 : 1 tidak terlalu tinggi namun tidak terlalu rendah. Jika kita liat diatas untuk kompresi 10,4 : 1 masuk diantara 10:1 dan 11:1 ambil aja yg 10:1 karena kita berada diatasnya, berarti keliatan kalau minimumnya RON 92 dan maksimal nya 100. Yep 100 kalo g salah namanya Pertamax Racing sayangnya tidak dijual untuk umum. Dan RON 98 cuma dijual di satu tmpt aja di tmpt ane.
Oke jadi Vixion itu bisa minum minimal Pertamax maksimal Pertamax Racing(koreksi kalo salah). Artinya mau main di Pertamax aja atau mau main di Pertamax Turbo itu ga masalah. Kenapa? karena masih dalam batas nya.
Oke lanjut kita bahas review mesinnya NVL setelah diminumin Pertamax Turbo. Kondisi motor sisa 0,5L atau fuel pumpnya tidak tercover dengan bahan bakar dalamnya, artinya mau habis. Ane ngisi pertamax turbo 17rb. Habis diisi, ane stater (oke masih rasa yang sama). Bawa jalan kecepatan rendah dulu, (eh ko getarannya rada kurang) ada jalan kosong ah nyobain akselerasi dulu, duuummm tak duuumm sampe gigi 5 (iya tau ko 5 speed doang :') next bakal up 6 speed) tarikannya sedikit lebih ngisi, dan getaran sedikit kurang. Wah? kalo diandaikan, rasanya kek pertamax + cairan pembersih mesin yamaha itu aku lupa namanya. Oiya carb cleaner. Rasanya lebih enak pokoknya. Tenaga ngisi terus.
But itu sugesti? engga, ini realfeel. Dan oke overall Pertamax Turbo 4/5 dari rating. Kenapa ngasih 4? ada kekurangannya krna harganya mahal, but dengan peforma yang dihasilkan cukup enak untuk harian. sampai ini juga tarikan masih oke. Apalagi kalo dicoba di malam hari, duh nikmaq sekale.
Oke nanti tak review lagi setelah touring dari Martapura-Amuntai dengan pertamax turbo. Moga feelingnya masih sama, Sekian dulu.
Wassalammualaikum wr wb.
![]() |
Banteng terbang wk. |
Jumpa lagi bersama saya Tidier. Penunggang kuda besi tua Vixion generasi ke 3 atau NVL yang biasa orang manggil. Kali ini bakal ngebahas mengenai bahan bakar yang cukup populer di kelas motorsport 250cc keatas.
Beroktan 98 atau RON 98 menjadikan bahan bakar ini baik digunakan di motor berkubikasi tinggi atau kompresi tinggi juga. Selain itu memberikan efek ke mesin yg lebih baik juga tentunya. Getaran minim, tenaga keluar torsi nya ga bisa ditahan (yaela wkwkwk).
But, kali ini autohor mencoba nya di mocil yaitu New Vixion Lightnig.
What?????? NVL? Motor SOHC?
Jangan salah dulu, mari kita pahami tentang mesin si Vixi ini dulu.
Vixion kan mesinnya 150cc pendingin cairan SOHC 4 katup satu silinder. Tenaga nya lumayan untuk harian kalo dibanding sama V3 nya R15 sih lumayan bedanya. Namun masih worth it dan ane juga ad rencana mo bore up ringan aja hehehe (bakal ada di ketikan yang lain).
Vixion itu mesinnya hampir square, kompresinya 10,4 : 1 minimal ya pertamax bagi ane, namun tetap aja kaum +62 banyak bilang kalo (eh saya premium oke aja, eh saya pertalite tarikannya enak klo pake pertamax ndut ndutan) ya ga salah tp g benar juga. Semua kalo sudah ada spesifikasi dan pemahaman lebih lanjut bakal ngerti dampak nya kok, tapi motor motor siapa ya situ jg yg nanggung wkwk.
![]() |
Tabel Rasio Kompresi |
Kompresi NVL 10,4 : 1 tidak terlalu tinggi namun tidak terlalu rendah. Jika kita liat diatas untuk kompresi 10,4 : 1 masuk diantara 10:1 dan 11:1 ambil aja yg 10:1 karena kita berada diatasnya, berarti keliatan kalau minimumnya RON 92 dan maksimal nya 100. Yep 100 kalo g salah namanya Pertamax Racing sayangnya tidak dijual untuk umum. Dan RON 98 cuma dijual di satu tmpt aja di tmpt ane.
Oke jadi Vixion itu bisa minum minimal Pertamax maksimal Pertamax Racing(koreksi kalo salah). Artinya mau main di Pertamax aja atau mau main di Pertamax Turbo itu ga masalah. Kenapa? karena masih dalam batas nya.
Oke lanjut kita bahas review mesinnya NVL setelah diminumin Pertamax Turbo. Kondisi motor sisa 0,5L atau fuel pumpnya tidak tercover dengan bahan bakar dalamnya, artinya mau habis. Ane ngisi pertamax turbo 17rb. Habis diisi, ane stater (oke masih rasa yang sama). Bawa jalan kecepatan rendah dulu, (eh ko getarannya rada kurang) ada jalan kosong ah nyobain akselerasi dulu, duuummm tak duuumm sampe gigi 5 (iya tau ko 5 speed doang :') next bakal up 6 speed) tarikannya sedikit lebih ngisi, dan getaran sedikit kurang. Wah? kalo diandaikan, rasanya kek pertamax + cairan pembersih mesin yamaha itu aku lupa namanya. Oiya carb cleaner. Rasanya lebih enak pokoknya. Tenaga ngisi terus.
But itu sugesti? engga, ini realfeel. Dan oke overall Pertamax Turbo 4/5 dari rating. Kenapa ngasih 4? ada kekurangannya krna harganya mahal, but dengan peforma yang dihasilkan cukup enak untuk harian. sampai ini juga tarikan masih oke. Apalagi kalo dicoba di malam hari, duh nikmaq sekale.
Oke nanti tak review lagi setelah touring dari Martapura-Amuntai dengan pertamax turbo. Moga feelingnya masih sama, Sekian dulu.
Wassalammualaikum wr wb.
Aturan kompresi dan oktan nya kok beda sama di blog milik cnn. Yang mana yang benar nih. Wkwkkw
BalasHapus