Mengenal VVA Pada Motor Yamaha R15 VVA Aerox 155 dan Nmax

Helloooo...
Welcome back to my post.

Kali ini masih masalah mtor ya. yaitu VVA.
Sekarang ada beberapa motor Yamaha yang menggunakan VVA, seepert NMAX, Aerox 155 VVA, dan R15 VVA.



Kita kupas abis disini APA ITU VVA?

VVA adalah singkatan dari Variable Valve Actuation. Sebuah teknologi mesin dari Yamaha yang mempertahankan peforma dan torsi agar selalu terisi dari RPM bawah sampai ATAS (jadi gaada yang ngoyo kaya misalnya DOHC yang RPM bawah rada berat).

Dimana disini hanya mesin SOHC yang pas menggunakan fitur ini karena basis nya mengandalkan Long Stroke, karen SOHC itu enak pakaiannya di RPM bawah makanya sangat pas dengan engine tsb.

Cara kerja nya,
saat putaran mesin udah nyampe 7rb an, VVA pada akan aktif (kasusnya disini di R15 karena tiap mesin VVA berbeda (NMAX sama R15 beda). Kemudian Electronic Control Unit akan memberikan perintah ke selenoid agar pindah kem nya. VVA akan mengubah durasi intake yang semulanya low menjadi high cam.

Dan untuk NMAX perbedaannya cuma kapan VVA nya aktif doang kok, Aerox juga, Ane lupa kapan VVA nya aktif di rpm brpa gt ane lupa. dan teknologi VVA seperti yang dijelasin sama mas mas YIMM nya, VVA membantu sekali agar power di putaran atas tetep terjaga.

Cukup canggih dan keren juga sih, torsi merata di semua putaran dan hebatnya tenaga terdongkrak :3.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pertamax Turbo di New Vixion Lightning, Kenchank brow..

[TUTORIAL] Cara Root dan pasang TWRP Smartfren Andromax R untuk base 5.0.2 (Work)